Electromagnetic Flow Meter

Elektromagnetic Flowmeter merupakan jenis Flow Meter merupkan jenis flow meter yang mempunyai populasi tertinggi untuk flowmeter yang digunakan untuk mengukur fluid baik berupa air ataupun cairan lainnya baik alirannya corosive, kotor dan lumpur. Karena pemakaiannya yang banyak sebagian besar para produsen flow meter mempunyai produk jenis elektromagnetic Flow Meter

Electromagnetic flowmeter yang paling banyak digunakan dalam aplikasi pengukuran airan air dan limbah dan chemical. Sebagian besar Aplikasi dari pemakaian Electromagnetic Flowmeter adalah untuk dunia industri seperti Industri Makanan, Minuman, Farmasi, Perhotelan, dan pengolahan limbah karena harus menggunakan flowmeter yang memenuhi persyaratan sanitasi.

Electromagnetic FlowMeter banyak dipakai pada aplikasi pengukuran liquid yang berupa cairan dan lumpur, yang mempunyai sifat penghantar listrik (electrically conductor) dimana komponen utama dari flowmeter electromagnetic adalah berupa tabung flow (unsur utama) yang dipasang kumparan listrik baik didalam tabung maupun di luar flow tube.

Presure Drop di Flow Meter electromagnetic adalah sama seperti halnya aliran liquid yang melalui pipa panjang, hal ini dikarenakan tidak adanya bagian yang bergerak atau hambatan untuk flow. Voltmeter posisinya ada yang dipasang langsung pada tabung flowmeter yang biasa disebut dengan sistem local atau bisa juga dipasang ditempat lain yang dihubungkan dengan kabel sesuai dengan kondisi lapangan dimana ini sering disebut dengan sistem remote.

Magnetic Flowmeter pada prnsipnya menggunakan Hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik. Menurut prinsip ini, ketika medium konduktif melewati medan magnet yang kemudian menghasilkan tegangan. Tegangan ini berbanding lurus dengan kecepatan medium konduktif, kerapatan medan magnet, dan panjang konduktor. Dalam Hukum Faraday, ketiga nilai tersebut dikalikan secara bersama – sama beserta dengan konstan, untuk menghasilkan besarnya tegangan. Oleh karena itu, cairan yang diukur oleh flowmeter electromagnetic harus bersifat sebagai conductor electric.

Magnetic Flowmeter memiliki keunggulan utama bahwa flowmeter electromagnetic ini dapat mengukur cairan konduktif dan cairan korosif  dan lumpur, dan akurasi pengukuran flow cukup akurat.

Keterbatasan utama untuk Magnetic Flowmeter adalah tidak dapat mengukur hidrokarbon (yang nonconductive), dan karenanya tidak banyak digunakan dalam minyak dan gas serta industri pengolahan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: